Beranda | Artikel
Haramnya Demonstrasi
Kamis, 8 Oktober 2009

Pertanyaan:

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Ustadz, adakah dalil yang dengan tegas mengharamkan demonstrasi? Saya mendengar dari seorang kawan, ada sebuah kisah tentang Umar radiallahu’anhu yang demo, tapi didiamkan saja oleh Rasulullah shallallahu’alaihiwasallam? Jazakallah khairan atas jawabannya.

Jawaban Ustadz:

Memang ada kisah seperti itu, yaitu saat Umar bin Khattab radiallahu’anhu masuk islam. Beliau radiallahu’anhu berada di barisan depan, sedangkan Hamzah radiallahu’anhu (paman Nabi shallallahu’alaihiwasallam) berada di belakang Umar radiallahu’anhu. Sedangkan kaum muslimin (di kisah tersebut) berjalan di jalan-jalan kota Mekah di belakang keduanya.

Ketahuilah bahwa riwayat tersebut TIDAK SHAHIH, kisah tersebut diriwayatkan oleh Abu Nu’aim dalam Dalail dan di dalam Hilyah. Dalam sanadnya terdapat seorang rawi bernama Ishaq bin Abdullah bin Abu Farwah, dan beliau dinilai matruk oleh para ulama pakar hadits (Silsilah Fatawa Syar’iyyah 1/14).

Catatan: Keterangan mengenai haramnya demokrasi dan demonstrasi insya Allah akan dibahas dalam artikel khusus. Silahkan melakukan pencarian dengan keywords “demonstrasi” pada website ini.

***

Penanya: Ummu
Dijawab Oleh: Ust. Abu Ukkasyah Aris Munandar

Sumber: muslim.or.id

🔍 Konsultasi Pernikahan Islami, Hukum Shalat Hajat Menurut Muhammadiyah, Cara Menangkal Santet Menurut Islam, Lebih Baik Istri Bekerja Atau Dirumah, Hadits Shalat Tahajud, Alkohol Parfum

 

Flashdisk Video Cara Shalat dan Bacaan Shalat

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO CARA SHOLAT, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28


Artikel asli: https://konsultasisyariah.com/32-haramnya-demonstrasi.html